AKHIRNYA, SAYA DAPET BEASISWA!



 “Amerika punya USAID, Australia punya AUSAID, Eropa punya Erasmus Mundus. Indonesia sendiri punya Beasiswa Unggulan. Kalian semua lah yang akan menjadi generasi unggul Indonesia masa depan”

Abe Susanto
Graha CIMB, 6 Februari 2014


Dear readers, udah lama banget saya engga update blog ini. Apa kabar kalian semua? Semoga blog ini engga lumutan ya, soalnya susah nanti bersihinnya. *krik* Akhirnya liburan tinggal sisa sedikit lagi. Selasa depan saya sudah harus masuk kuliah nih untuk mata kuliah umum di kampus. Holiday is NOT an engineering student’s best friend, I guess.

Tanggal 5 kemarin saya dan empat teman UGM lainnya duduk cantik menunggu kereta Argo Dwipangga di Stasiun Tugu, Yogyakarta. Kami berlima adalah penerima beasiswa yang cukup beruntung untuk diundang ke Jakarta. Jam delapan esoknya kami harus sudah berada di Senayan untuk menerima penganugerahan beasiswa dan juga penandatanganan kontrak.

Penasaran?
Jadi, beginilah ceritanya;




Berkat Ngegabut Selama Nganggur

Oke, mungkin sepertinya agak kecepetan kalau saya langsung cerita masalah penganugerahan. Saya mulai dari awal ketika saya apply program ini saja ya. Waktu itu saya baru diterima di UGM. Belum daftar ulang dan bener – bener masih pengangguran. Sekolah pun saya tak punya, hahaha. Saya ga ada kerjaan terus selama sebulanan. Rutinitas sehari – hari paling cuma makan, tidur, dan ngenet. Ya, negenet! Karena saya rajin ngenet lah akhirnya saya bisa nemu informasi beasiswa ini.

Jadi, BU-CIMB Niaga adalah program beasiswa yang ditujukan kepada fresh graduate SMA yang diterima di universitas tertentu denga jurusan tertent pula. Jadi, program batch 2013 yang saya ikuti ga bisa di-apply oleh siswa lulusan SMA tahun 2012 yang baru masuk kuliah tahun 2013 ATAU para mahasiswa yang sebelumnya udah kuliah. Nah, yang melaksanakan program ini adalah Kemdikbud dan CIMB Niaga. BU adalah singkatan dari Beasiswa Unggulan, program beasiswa dari kemdikbud yang menanggung semua biaya kuliah kita. CIMB Niaga sendiri berperan sebagai developer para scholars, dimana para scholars diberi biaya hidup perbulan dan fasilitas – fasilitas penunjang lain.

Jujur, infonya bener – bener mepet dan ga ada nyebarnya sama sekali. Seingat saya cuma diposting di website Dirmawa UGM, itu pun dikit banget isinya. Parah. Disebutkan di sana kalau saya harus apply langsung ke Dirmawa. Padahal, waktu itu deadline-nya tinggal sehari besoknya saja. Dengan terburu – buru saya ngelaju naik motor ke Jogja. Sampe di gedung rektorat sekitar jam 10 atau 11an lah. Di sana saya disambut – dan ditolak oleh pegawai dirmawa. Saya disuruh mendaftarkan beasiswanya ke kantor fakultas, bukan ke pusatnya. Wuaaseeem, pikir saya dalam hati. Sebenarnya, di website dirmawa dituliskan kalau saya disuruh langsung ke kantor dirmawa di rektorat. Ah, ya sudahlah. Toh sepertinya masih sempat lah kalau saya ngejar ke kantor fakultas.

Dua jam kemudian saya sudah tiba di bidang akademik fakultas di KPFT. Saya sempat lupa fotokopi salah satu berkas. Oh, iya! Sebelumnya saya sampai buka web kemdikbud, web CIMB Niaga, hingga web – web lain buat ngecek syarat pendaftaran. Saya ga yakin kalau info di dirmawa lengkap. Dan, dugaan saya benar. Di KPFT saya disuruh fotokopi (lagi) karena berkasnya perlu difotokopi 2 rangkap lagi. Padahal waktu itu KPFT mau tutup. Saya pun langsung turun dari lantai tiga KPFT hingga ke basement perpus teknik buat fotokopi. Syeetaaan 3:-)

Jam dua lebih lima belas saya akhirnya sampe lagi di KPFT lantai 3. Berkas saya dicek lagi dan Alhamdulillah ga ada masalah. Pikir saya sih, emang ya rejeki ga kemana. Apalagi buat orang – orang yang sudah menderita fitness dadakan buat naik turun KPFT.



Tes Tertulis. Rekorat, Sekali Lagi

Beberapa bulan kemudian saya di–SMS oleh Dirmawa. Bahkan saya sempat ditelepon oleh pihak CIMB NIAGA Yogyakarta. Saya diundang untuk tes tahap dua, yaitu seleksi tertulis. Saya pun langsung cabut ke gedung rektorat untuk tes. Yang bikin saya kaget ternyata dari UGM yang lolos sampai tahap itu hanya 12 orang saja. Dikit banget, pikir saya. Apa mungkin karena para maba pada ga tau info ini kali ya? Atau, mereka takut dengan ikatan dinas pascabeasiswanya? *bagian ini nanti saya jelasin di part berikutnya*

Sesampai di rektorat saya ketemu temen – temen seleksi lain. Saya kaget bisa ketemu Paulina, temen satu prodi sama saya. Soalnya dia agak pendiam jadi jarang pernah ngobrol. Sebagian besar teman saya tahu kalau saya daftar beasiswa ini. Soalnya saya pernah ngajakin temen – temen satu angkatan buat daftar program ini via LINE. Beda dengannya yang satu angkatan saja kayaknya pada enggak tau kalau si Paulina ini juga daftar. Walo dulu dia diem terus, sekarang Paulina udah jadi berisik sih, wahahahaha (Paul, kalo kamu baca plis banget jangan marah ya. Kan kita sekarang satu departemen di HMTI *ngode*). Saya juga ketemu sama yang namanya Agner dari akuntansi UGM. Orangnya berisik, tapi asik banget.

Tes tahap kedua ini berupa tes tertulis. Awalnya sih kita ada tes psikologi. Gak susah sih, yang penting be yourself aja. Selanjutnya ada tes psikologi yang ngitung – ngitung. Saran saya sih kalau kamu jago matematik bakalan ga ada masalah. Ga jago pun juga gapapa. Kan bukan ayam *krik*. Terakhir ada tes bahasa Inggris. Ada reading, listening, grammar, dll. Persis kayak TOEFL tapi lebih mudah.

Selesai tes saya langsung balik. Soalnya, jam setengah empat saya ada kuliah Bantek di JTMI :’-)



Wawancara di Sudirman

Saya lolos lagi. Saya diberi informasi untuk datiang wawancara di Kantor CIMB NIAGA di Sudirman. Jalan Sudirmannya Jogja ya, hehe. Yang datang kalau tidak salah ada sebelas orang. Saya sih mikirnya semua yang tes tertulis kemarin pada lolos buat wawancara.

Saya dapat jatah wawancara jam 11.30. Aneh banget, soalnya waktu itu hari Jumat. Kan kasian saya harus cepetan cabut buat Jumatan setelah wawancara. Oke, skip the whining part. Saya lumayan takjub pas masuk gedung CIMB Niaga ini. Soalnya gede banget (padahal saya sendiri yang ndeso hehehe). Saya ketemu Paulina yang lagi antre ditemenin temen Teknik Industri juga, si Iska. Saya juga kenalan sama beberapa teman baru. Ada Hafiz (Fistek), Nasir (Fistek), Kenita (Hukum. Dia langsung cabut begitu saya datang), dan beberapa temen lainnya. Saya sama Hafiz kebetulan dapat shift agak siang. Sebelum jumatan dia selesai wawancara, sedangkan saya (yang nanggung banget waktu wawancaranya) terpaksa harus ditunda dulu wawancaranya setelah Jumatan. Ah, ya sudah lah.

Sekitar jam setengah dua saya dipanggil masuk untuk wawancara. Njirr, kata yang jaga pewawancaranya ada empat! Padahal temen – temen saya tadi cuma dua orang saja. Berhubung tinggal 2 siswa aja yang wawancara pasca Jumatan, akhirnya beliau – beliau ini memutuskan untuk bergabung menjadi satu (anggap saja kayak Gundam aja) di satu ruangan.

Saya masuk ke ruangan yang saking dinginnya kayak saya balik lagi ke Amrik. Saya tadi ga dibolehin sama yang jaga seleksi buat make jaket pas di dalam ruangan. Ga sopan, katanya. Saya pun manut. Saya lalu menyesal.

Di sana telah duduk 2 pria dan satu wanita berbaju kece dan berpenampilan menawan (yee, ga jadi empat!). Duh, mungkin setahun dua tahun kerja di bank mungkin saya bisa “berbenah” diri nih hehe. Saya masih ingat yang wanita bernama Bu Merry, sedangkan dua yang lainnya saya kurang ingat. Wawancara yang ditargetkan maksimal 30 menit (temen – temen sebelum saya rata – rata cuma 15-20 menit) sepertinya agak gak sesuai dengan takdir saya.

Ya, saya wawancara selama 57 menit. Kalau dihitung dengan salaman masuk hingga basa – basi setelah wawancara, mungkin sejam lebih dikit.

Jujur, yang awalnya saya tiba – tiba jadi semangat banget. Semua karena yang wawancara saya bukan orang sembarangan. Beliau – beliau ini adalah pimpinan CIMB dari regional Yogyakarta dan Jawa Tengah yang sangat kompeten dalam bidangnya. Entah lah, saya memang suka jika diajak ngobrol dengan orang – orang berkualitas seperti beliau – beliau ini.

Buat bocoran, saya ditanyain hal – hal basic, seperti pengetahuan tentang CIMB Niaga, motivasi, prestasi, dll. Walau standar, wawancara saya bener – bener ke-heat up karena para interviewer yang luar biasa banget. Di akhir sesi, saya diwajibkan untuk menjawab suatu pertanyaan dengan bahasa inggris. Kata salah satu pewawancara sih ini buat formalitas. Toh saya pernah tinggal di AS selama setahun, kata beliau. Saya pun disuruh menerangkan salah satu hal dalam bahasa Inggris. Saya memilih tema stereotype. Yang (sepertinya) mudeng hanya satu orang; yang tadi minta saya nerangin dalam bahasa inggris dan yang beliau mengaku lulusan ilmu hubungan internasional. Saya pun disuruh curhat dalam bahasa inggris mengenai tipe cewek kesukaan saya. Wah wah, beliau – beliau ini kayaknya suka nusuk – nusuk hati saya terus disiram pake perasan jeruk nipis. Cekit – cekit :-)

Selesai wawancara saya langsung balik ke Jalan Magelang. Sudah kangen sama kasur.



Lolos Lagi. Yey

Bukannya saya ga bermaksud engga semangat dengan cuma nulis sub-header kayak begitu. Hanya saja saya agak capek menunggu. Iya sih, pengumumannya bulan oktober. Di email saya akan diberangkatkan bulan November ke Jakarta untuk penganugerahan. Dan saya kena PHP. Penganugerahan diundur ke Desember. Terus Januari. Dan akhirnya Februari. Pas liburan semester lagi. Hiks :’

Tapi ada untungnya. Saya jadi lumayan kenal sama Kak Hendriyadi. Dia ternyata sesama alumni US Dept. of State kayak saya, cuma beda program aja. Pertama kali saya ditelepon sama dia, astojim, dia langsung nyerocos make bahasa inggris. Saya yang udah belepotan ga pernah ngomong inggris pun jadi gegar otak sejenak. Parah deh, wahaha.

Setelah lolos saya mendapat tugas melengkapi berkas ini itu. Mamah saya pun sempat bikin syukuran kecil – kecilan di SMA tempat beliau mengajar. Yang saya jadi ga enak itu adalah saya juga sekolah di situ. Suatu siang saya ke ruang TU untuk legalisasi ijazah dan sebagainya buat ngurus berkas BU-CIMB. Sesampai di sana saya malah dicegat oleh ibu – ibu TU yang ngajak ngobrol dari Andes hingga Himalaya. Walau begitu, saya seneng sih berasa jadi artis sehari. Hahaha.



Senayaaaaan!

Acara penganugerahan dilaksanakan tanggal 6 Februari 2014 di Kemdikbud, Senayan. Sekitar awal Januari pun saya sudah dikirimi banyak email oleh Kak Hendriyadi mengenai hal ini. Saya diberi mandat olehnya untuk membuat grup Facebook batch kami. Dengan bakat stalking yang so-so saya add tuh para scholars lainnya. Kami juga punya grup LINE. Dengan berbekal sosial media kami pun ngerancang acara gathering pascapenganugerahan beasiswa. Setiap kali saya tinggal LINE sebentar saja pasti udah ada ratusan notif. Belum kenal aja rumpik, apalagi kalau udah ketemu entar?

Tanggal 5 Februari malam kami dari UGM sudah berkumpul di Stasiun Tugu. Seharusnya sih ada enam penerima beasiswa, namun satunya lagi mengundurkan diri karena diterima Bidikmisi. Sisanya ada saya, Agner (Akuntansi), Kenita (Hukum), Hafiz dan Ellena (Fistek). Kami yang selama ini cuma ngobrol sebatas sms/line langsung heboh di stasiun. Agner sedikit kalem karena baru ganti behel. Kenita yang saya kira biasa – biasa aja ternyata renyah banget (renyah kalo nyengak saya. Hiks). Haifz sama Ellena masih jaim. Mirip pasutri mau malam pertama beneran deh. *eeeeeeh

Jam Sembilan tepat kereta kami berangkat. Sebelumnya kami agak kaget pas tau kalau venue diganti ke Graha CIMB. Namun, karena lokasi tetap di daerah Senayan DAN ada supir yang bakal jemput kita di Gambir, all is fine. Di Gambir kami bertemu 4 scholars lain dari Surabaya; Edwin, Cindy, Ical, dan Bas. Kami bersembilan pun rela berdempet – dempatan dalam satu mobil menuju Senayan. Karena saya yang paling lebar, saya dapat kesempatan buat duduk di depan bareng si supir. Seneng kecampur sedih sih rasanya.

Kami bersembilan agak ngegabut pas sampai di lokasi. Saya pun nelpon Kak Hendri dan disuruh untuk langsung ke lantai M. di sana saya ketemu El, mahasiswa IPB asal Sulawesi. Tak lama para tamu undangan pun datang. Yah, setidaknya ada kami jadi ga seberisik sebelumnya sih. Jam 9an acara dimulai. Kebetulan saya ditugasi untuk maju mewakili para penerima beasiswa lain untuk menerima laptop dan buku tabungan. Yes, masuk koran! Selanjutnya acara berjalan lancar. Saya skip ya, hehe.

Jam 5an acara telah selesai. Kami pun langsung keluar gedung untuk mencari busway. Ya, kami mau jalan – jalan ke Plaza Semanggi. Mau makan malam di Sky Dining. It was so tiresome! Mungkin karena saya yang biasa naik motor saya jadi capek banget pas naik turun nyebrang sana sini. Apalagi saya bawa dua tas dan satu kardus laptop (gak papa lah capek, yang penting dapet laptop baru wahahaha). Temen – temen saya yang dari UB kelihatan pada lemes banget. Saya sempet denger beberapa temen saya misuh – misuh. Namanya juga Jakarta, putri - putri daerah pun bisa berubah kayak gini :-)

Tapi, semua terbayar saat kami sampai di skydining. Kami makan di Solaria sambil dimanjakan oleh nightview gedung – gedung pencakar langit di Jakarta. Kereeen bangeeeet! Sayangnya Kenita, Ellena, sama Hafiz harus segera ngejar kereta sehingga sekitar jam 6-an mereka harus segera ke Gambir. Walau begitu, masih ada si uhuk-terong goreng-uhuk Agner yang masih setia berberisik ria bareng temen – temen lainnya. Dia itu paling ciamik kalo masalah foto. Hampir di setiap ada jepretan ada makhluk ungu yang satu ini.

Sayangnya, memory card si kamera rusak. Yang sabar ya, Ner :’

Selesai acara saya langsung cabut. Saya dan beberapa teman lain nginap di tempatnya Kak Hendri. Saya yang capek pun langsung tidur ketika yang lain masih main UNO. Saya yang bangun paling pagi juga harus meninggalkan temen – temen lain saat masih tidur cantik. Maklum, kereta saya berangkat ke Stasiun Tugu jam delapan pagi.

Well, see you again, Jakarta!



Curhat Seorang Pejuang Beasiswa

Siapa sih yang enggak pengen dapat beasiswa?

Di bagian ini saya ingin curhat panjang. Sila ambil mana yang menurut dear readers baik, dan semoga bisa menjadi kisah yang berguna bagi dear readers.

Sebagai seorang mahasiswa baru, ya, saya butuh beasiswa. Saya punya banyak alasan. Layaknya mahasiswa – mahasiswi lain; ingin meringankan beban orang tua. Terlebih adik saya tahun ajaran depan juga akan masuk perguruan tinggi.

Saya mendapat UKT 5, grade tertinggi untuk pembayaran SPP kuliah per semesternya. Orangtua saya keduanya PNS, bekerja sebagai guru SMP dan SMA di kota kelahiran saya, Magelang. Total pendapatan kotor perbulan keduanya hanya enam juta lebih sedikit. Oleh karena lebih dari lima juta itu lah saya dimasukkan ke golongan UKT 5. Di sisi lain, banyak teman satu prodi saya yang gaji orang tuanya belasan hingga puluhan juta pun juga mendapat UKT yang sama.

Saya tidak bermaksud membanding – bandingkan. Saya hanya ingin bicara gamblang; saya merasa cukup direpotkan dengan “kasta – kasta” uang kuliah yang selangit ini. Saya diwajibkan membayar 7,35 juta per semester untuk biaya kuliah. Bayangkan jika adik saya kuliah tahun depan. Orangtua saya harus merogoh kocek dua puluh delapan juta lebih tiap tahunnya untuk uang kuliah kami berdua. Hal itu belum termasuk uang bulanan dan kebutuhan – kebutuhan lain di keluarga kami.

Saya butuh beasiswa. Sayangnya, jarang ada beasiswa yang diberikan untuk siswa berprestasi. Kebanyakan beasiswa diberikan kepada yang miskin. Atau yang mengaku-ngaku miskin.

Saya pernah lembur satu bulan lebih untuk apply sebuah beasiswa. Saya mengetik esai, fotokopi ini itu, melampirkan hingga 46 sertifikat penghargaan, sampai – sampai tebal berkas saya mencapai sekitar 5 cm. Ya, saya sempat geli sendiri menghitung tebal amplop kertas yang hampir jebol itu.

Saya tidak lolos. Mungkin, yang diutamakan di beasiswa tadi bukanlah siswa dengan banyak prestasi dan sedang membutuhkan bantuan untuk melanjutkan studi. Ah, tak apa lah. Rejeki tak akan pergi ke mana.

Tak lama saya mendengar tawaran beasiswa BU-CIMB Niaga, kerjasama antara Kemdikbud dan Bank CIMB NIaga. Saya sempat takjub membaca fisilitas yang ditawarkan kepada para penerimanya. Selain ditanggung biaya kuliahnya oleh Kemdikbud, CIMB Niaga memberikan biaya hidup sebanyak empat puluh juta selama 40 bulan. Selain itu, penerima beasiswa akan diberi laptop, bantuan akademik, dan banyak kegiatan pengembangan diri lain yang sangat luar biasa.

Saya sempat berpikir kalau tawaran ini too good to be true. Namun, saya membaca bahwa penerima beasiswa diwajbkan untuk bekerja di CIMB Niaga selama empat tahun setelah program beasiswa berakhir. Para scholars pun harus bersedia untuk ditempatkan di seluruh cabang CIMB Niaga di Indonesia.

Saya galau berat. Saya anak teknik. Bank ada di opsi sekian dari deretan pilihan karir masa depan calon pegawai bergelar S.T. kelak. Saya mendaftar beasiswa ini hanya dengan modal coba – coba saja. Saya benar – benar kaget saat saat lolos seleksi dokumen. Saat saya lolos untuk maju seleksi wawancara, saya uget – uget kayak cacing di tanah. 

Pokoknya, saya tidak mau jadi teller bank. Apalagi kalau jadi teller bank di Sumatra atau Kalimantan sana.

Saya merasa menyesal telah ikut program ini. Namun, tak lama kemudian saya LEBIH SANGAT MENYESAL karena sempat menyesali kesempatan emas ini. Saya bodoh, karena saya tidak rajin menggali informasi tentang apa yang akan saya hadapi. Saya hanya takut dengan masa depan saya yang sepertinya telah saya jual demi beasiswa. Saya tidak melihat, bahwa di depan saya terdapat segunung emas yang siap saya tambang dengan tangan saya sendiri.

Saya sempat curhat sama sahabat baik saya. Sebut saja namanya Cungkring, teman satu prodi di Teknik Industri UGM. Kami berdua sempat tertarik untuk mendaftar program ini. Namun, kami berdua sama – sama takut jika harus bekerja sebagai teller bank untuk mengawali karir di bank. Terlebih jika sampai harus merintis dari customer service.

Bodohnya, saya tidak tahu bahwa teller dan CS biasanya diberikan kepada lulusan D3 kebawah. Lulusan S1 lebih sering ditempatkan di back office, bukan frontliner seperti yang biasa kita temui ketika masuk ke Bank. Terlebih, CIMB Niaga juga membuka kesempatan besar bagi para penerima beasiswanya untuk meroketkan karir di CIMB. Kami diwajibkan ber-IP 3 dan diwajibkan pula untuk mengikuti management trainee (MT) setelah lulus. Selama enam bulan, jika kami lolos maka kami akan diposisikan beberapa tingkat lebih tinggi dari para backliner; apalagi frontliner! Program The Complete Banker (TCB) pun merupakan opsi karir yang sangat luar biasa – yang bahkan para lulusan S2 dalam dan luar negeri pun sangat mengincarnya. Sebagai para scholars, kami pasti selangkah lebih mengerti daripada individu – individu lain mengenai hal ini. Jika bisa sampai lolos program ini, maka kami akan langsung diberi level setara asisten manajer, yang bahkan butuh bertahun – tahun bagi para fresh graduate lain untuk menggapainya. Soal gaji sih saya cuma bisa meringis – meringis ngiler saja, hehe.

Oh, iya. Saat saya bilang ke si Cungkring kalau saya tetap lanjut di seleksi beasiswa ini, dia malah kelihatan agak kecewa karena saya ga ngajak – ngajak. Kirain dia saya ga jadi ambil beasiswa ini. Hahahahaha.

Kontrak empat tahun itu hanya dikhususkan untuk penerima beasiswa yang lolos program TCB. Sebenarnya kontrak kami hanya 2 tahun. Saya sempat bertanya mengapa bisa berbeda dari info yang kami dapat sebelumnya. Ternyata, kami diharapkan agar bisa mendaftar, lolos, dan mengikuti program TCB. Program TCB ini akan mencetak jajaran tinggi CIMB Indonesia. Akankah lebih luar biasa lagi kalau para pemimpin itu lahir dari bibit yang disemai oleh beasiswa BU-CIMB Niaga ini? Dalam kontrak kerja pun kami bisa memilih untuk ditempatkan di divisi yang kita inginkan (asal sesuai dengan approval dari HRD tentunya). Di sana kita bisa belajar banyak hal. Pengalaman ini lah yang akan sangat berguna bagi kita jika ingin meneruskan karir di bidang lain. Kalau saya sih mikirnya ngapain capek – capek cari yang lain kalau di depan mata ada yang sudah luar biasa seperti ini? Ah, sekali lagi, entahlah. Yang penting saya jalani dulu saja.

Yang saya khawatirkan paling utama sebenarnya bukan masalah berapa lama saya bekerja atau jenjang karir jika saya bekerja di bank nanti. Saya cuma takut lalau passion saya di Teknik Industri tidak akan tersalurkan dengan baik di dunia perbankan. Kalau dear readers baca postingan saya sebelumnya, saya kan sudah jatuh cinta banget sama prodi saya. Saya pun curhat dengan salah satu kakak angkatan saya dan beberapa senior di luar kampus saya.

Suatu hari, sesampainya saya di rumah pada suatu malam yang hening, saya teriak – teriak ga keruan. Untung gak ada yang keganggu. Saya lagi bahagia.

Seorang kakak yang baik hati ini bilang kalau teknik industri akan bisa SANGAT BERPERAN di dunia perbankan. Saya diceritakan tentang supply chain atau rantai pasok. Selama ini saya tahunya rantai pasok itu lebih ke industri. Missal, pabrik pasta gigi ini mengolah bahan dari berbagai tempat. Tutupnya dibuat di Malaysia, kardusnya dibuat di Bandung, stickernya dibuat di Semarang, dan perakitannya ada di Cikarang. Nah, setau saya nih, rantai pasok itu adalah ilmu supaya barang – barang tadi bisa sampai di Cikarang dengan waktu secepat mungkin, ongkos seminimum mungkin, dan proses seefektif dan seefisien mungkin. Kita diajarin bagaimana caranya mengatur strategi barang yang masuk, keluar, procurement-nya, dan hal – hal mengasyikkan lainnya. Kakak angkatan saya yang lain pernah bilang bahwa di SCM (Supply Chain Management) kita juga bisa bikin keputusan buat mindah pabrik/gudang ke tempat lain supaya lebih untung dll. Gileee, asik banget!

Oke, back to topic. Yang bikin saya seneng adalah SCM ini kepake banget di industri perbankan. Dear readers, tau engga kalau setiap cabang bank butuh dana yang berbeda. Missal, di cabang Magelang butuh 1M perbulan. Kalau di Jogja, satu cabang bisa butuh sampai triliunan. Terus, setiap cabang ATM juga butuh distribusi pasokan uang tunai yang berbeda.

PADA INTINYA, DI INDUSTRI PERBANKAN TERDAPAT RANTAI PASOK “UANG” YANG BISA DIMAINKAN ANAK – ANAK TEKNIK INDUSTRI!

Duh maaf saya pakai capslock. Saya lagi seneng nih. Semangat banget. Hahahaha.

Terus saya sempat bercengkerama dengan Bu Juti, salah satu pimpinan CIMB di Senayan sana. Saya bertanya tentang SCM di perbankan kepadanya. Beliau lalu menjelaskan banyak hal. Pertama, SCM di dunia perbankan yang saya sebutkan sebelumnya hanya sebagian kecil dari SCM yang sebenarnya terjadi di CIMB. Contoh yang lain misalkan bank memberikan pinjaman kepada pusat suatu perusahaan. Dana yang diberikan akan disalurkan ke anak – anak perusahaan lainnya. Rantai pasok yang ada juga harus diperhatikan oleh si bank ini sebagai pemberi dana. Saat Bu Juti menerangkan hal itu saya semakin yakin sama jalan yang akan saya tempuh kedepan.

Terus, saya sempat berpikir. Saya kuliah di teknik industri. Beasiswa ini diberikan oleh satu pemain besar di banking industry. LHO, KOK SAMA – SAMA ADA INDUSTRINYA? Saya kira itu cuma kebetulan saja. Terus saya keinget perkataan dosen saya. Alumni teknik industri akan sangat berperan dalam suatu sistem dengan skala industri. Skala industri maksudnya adalah berskala besar dengan suatu sistem yang berkorelasi antarsesamanya. Perbankan juga merupakan suatu industri! Terdapat banyak divisi, produk, dan korelasi antarelemen yang berada di dalamnya. Teknik industri pun sangat cocok jika bisa bekerja di bidang ini.

Selanjutnya saya ingin cerita mengenai Corporate Banking. Salah satu divisi di CIMB ini mengurus hal – hal mengenai perusahaan – perusahaan besar dengan aliran dana yang tidak tanggung – tanggung jumlahnya. Banyak dibutuhkan analisa holistik agar dapat mencairkan dana yang sesuai dengan keadaan perusahaan tersebut. Itu hanya contoh kecil yang saya ketahui mengenai corporate banking ini.

Yang pasti, saya merasa bahwa mungkin ini bisa jadi jalan saya meniti karir kelak nanti. Di teknik industri kami akan diajari mengenai analisa kelayan industri. Ilmu kami pun juga banyak diisi oleh ilmu – ilmu manajemen, terutama dalam bidang industri. Awalnya, karena alasan ini lah saya tertarik mengikuti jejak kakak – kakak angkatan saya yang berkarir sebagai konsultan. Siapa lagi yang lebih coba yang mengerti sistem suatu industri selain lulusan jurusan kami? Agaknya, saya tersadar bahwa ilmu mengenai industri ini dapat dieksplorasi lagi di dunia perbankan. Sebelum memberi loan, bank harus menganalisa calon penerima dana terlebih dahulu. Tentu ilmu yang akan saya pelajari bisa sangat bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan dalam corporate banking (bahkan, salah satu mata kuliah di teknik industri ada yang bernama Teori Pengambilan Keputusan! Asik asik asik!).

Dua hal yang perlu saya perjuangkan jika nanti saya berminat meniti karir di bidang ini adalah posisi dan lokasi. Ya, saya tidak akan bisa berbuat banyak jika hanya ditempatkan di cabang saja. Namun, saya bisa memberi dampak yang signifikan jika saya bekerja di pusat, terutama jika saya terlibat dalam proses analisa dan pengambilan keputusan di divisi yang memerlukan kemampuan keindustrian saya. Dosen saya pernah berkata bahwa lulusan kami akan sering bekerja dengan data. Setidaknya, saya semakin yakin betapa besarnya peluang bekerja jurusan saya kelak nanti.

Ah, mari saya hentikan ocehan masa depan saya. Saya hanya bisa berdoa dan memberikan yang terbaik dalam usaha saya, mulai dari sekarang hingga kelak nanti. Sekarang saya mau cerita tentang apa yang akan saya dapatkan sebagai penerima beasiswa ini.

Pertama, laptop. GRATIS COOOOY! Lumayan lah. Layar gede, Core i3, RAM 2G *promosi* hahaha. Kalo boleh sombong dikit, Windows yang saya pakai asli lho. Ini pertama kali dalam sejarah saya pakai OS yang original gini (iOS ga keitung, soalnya buat apa coba ada iOS yang harus bayar dulu baru dipake!).

Saya dapat duit sejuta perbulan. Saya gamau foya – foyain, tapi mau saya atur biar jadi investasi masa depan. Entah buat ikut program – program keren atau kebutuhan kampus lainnya. Toh, orang tua saya (sepertinya dan semoga) masih bisa menyisihkan sedikit rejeki untuk uang jajan saya. Saya sih rencana mau nabung demi Kunjungan Industri dua tahun kedepan. Lumayan banget lah bisa menimba ilmu sambil liburan di negeri tetangga. Next on, uang kuliah saya pun ditanggung oleh Kemdikbud. Parah nih program baik bangeet sama para mahasiswa :’

CIMB-Niaga selalu mengadakan gathering para penerima beasiswa minimal 3 kali setahun. Di sana kita bakal diberi training softskill dan penghargaan bagi yang berprestasi. Wah, saya wajib ngambis nih!; dalam hal prestasi tentunya. Nah, yang bikin saya tambah bahagia adalah komitmen CIMB Niaga dalam mengembangkan diri para penerima beasiswa. Dalam setahun, setiap scholar bisa mengajukan proposal pendanaan untuk lomba/ event/ kegiatan yang mereka lakukan asal sesuai dengan bidang keahlian atau prodinya. Yang pasti setiap proposal akan diseleksi terlebih dahulu. Jika lolos, setiap tahunnya per-orang akan diberi bantuan hingga 2,5 juta untuk menggapai prestasinya. Wuaaaanjiiiiir iiiniiii maaah kereeen abiiiis :’

Lalu ada program Titian Muhibah setiap dua tahun sekali. Saya gamau cerita yang ini, biar dear readers yang ngesearch di Google aja. Nanti saya banjir air liur soalnya *krik*

OKE, saya capek ngetik. Yang pasti, kesempatan yang saya dapat ini merupakan suatu keajaiban untuk saya. Bisa kuliah gratis dengan jaminan masa depan yang menjanjikan adalah hal yang tidak semua mahasiswa bisa rasakan; terlebih bonus laptop, uang bulanan, dan program pengembangan diri yang luar biasa lainnya.

Saya ingin berterima kasih kepada semua pihak. Pertama, Allah SWT. Dear, You, Allah! You are aweeeesoooooomee! Kedua untuk keluarga dan semua pihak yang telah mendukung saya buat nyalon DPRD – eh – mendukung hingga bisa meraih banyak pencapaian seperti sekarang. Ketiga tentu untuk Kemdikbud dan CIMB Niaga. I can’t help but thanking you till the rest of my life. Your good deed is the milestone of my life.

---


Lastly, dear readers, I want to tell you a story.

Let’s say you’re an adventurer. You walk through a jungle and find a big abandoned castle in the middle of it. You might be confused. The castle is so scary, big, and left uncared for a long period of time. It would be such a pain in the ass to clean the giant up. But it’s a castle! It has tons of treasures inside. It’s so majestic that you believe it can actually change your life. You have the options to leave or to nurture it. You pick the second one. A castle is not located in a village/ town, but it’s supposed to be near with population. So you search for a while and find a big town nearby. You meet some townfolks only to find that the castle is cursed. You aren’t in the same boat with them so you go back to the castle. You go to the underground chambers. You pick tiny bits of gold coins there and bring it to the town. There, you hire tons of men to clear up the path and fix the castle. You bring more gold to make them plow the fields to grow foods. It seems that you won’t run out of money. After several years you’re like the leader of the town. You loose a third of your treasures to build up your kingdom. Yet, now you have twice gold than you ever have in your life. The people who firstly think that you’re crazy now believe in your self. It’s a story of making the most of a chance. Every chance is bestowed with its risk and result. It can be hard for some to fight for the conditions. Yet, it will be worth it.

Pardon my bad grammar or my monotonous verb-one writing. I challenge you to translate the story while reading it. In the end, you’ll see that you’ve read the story so that you’ve known its content. Wether it’s bad or not is up to you, dear readers. I’m just showing you an epitome of taking a chance by experiencing the risk.

Jadi, sekian tulisan saya kali ini. Saya yakin, perjalanan ribuan mil pasti selalu dimulai oleh selangkah tapak kaki.

Sudah berapa jauhkah kita melangkah?


Regards,

Doni Achsan

PS: Update setahun kemudian:




You Might Also Like

6 comments

  1. Keren Doni :D
    Jadi pingin nulis di blog lagi :D

    ReplyDelete
  2. Hai Ellena!

    Ayo buruan nulis lagi. Mumpung masih liburan wahahahahahaha

    ReplyDelete
  3. Well, you're the greatest person I've ever met. Proud to have you on lion :"
    keep doing the big things

    ReplyDelete
  4. Halo, kak Doni Achsan.
    Saya nemu blog ini secara tidak sengaja dengan keyword "BU CIMB NIAGA", setelah ditutupi pengumuman tentang beasiswa ini dari macem-macem web fakultas, saya nemu ini. posting yang menceritakan pengalaman yang hampir sama dengan yang saya alami Desember tahun lalu.
    WELL, SAYA PENERIMA BEASISWA UNGGULAN JUGA ^^ sorry capslock jebol. Saya angkatan 2014 sih hehehe. Salam kenal ya kakak. :DDDDD

    Best regards,
    MABA BU CIMB NIAGA wkwkwk

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN