President University

Hari Kamis minggu lalu ada sosialisasi beasiswa buat masuk President University di sekolahku. Emang sih beberapa kali aku denger nama universitas ini. Katanya bagus. Dan juga mahal. Kali ini ada beberapa representatif dari Universitas itu yang melakukan roadshow ke Magelang, tepatnya ke SMA Taruna Nusantara dan SMA N 1 Magelang untuk sosialisasi beasiswa President University.



Pulangnya aku googling. Aku baca artikel sepuluh universitas termahal di Indonesia. And guess what? Universitas ini ada di urutan pertama, dengan biaya Rp. 250.000.000 dari awal masuk sampai selesai kuliah. Lucunya, itu belum termasuk asrama, dll. Emang sih universitas ini 30% siswanya bukan WNI, alias foreigner. Pengajarnya juga sebagian foreigner juga. Dan kalau lulus, title yang didapat bukan sarjana, melainkan bachelor of bla bla bla. Keunikan universitas ini adalah program magang 2 semester, jadi 98% siswa sekolah ini setelah lulus langsung dapet kerja. WOW! Bahkan ada alumni SMA N 1 Magelang, dari universitas ini juga, yang pernah "nyicipin"kerja di British Chamber of Commerce (Kamar Dagang Inggris).

Dengan bekal coba - coba, malam itu juga aku registrasi via internet. Ketika ada pilihan major, jujur aku galau banget. Mau ambil HI, teknik, atau akuntansi? Karena aku mikirnya kalo selese kuliah alngsung kerja, kayaknya akuntansi bakalan yang paling banyak ngehasilin keuntungan deh. So, aku centang "Accounting" di registrasinya.

Hari Sabtu, tanggal 1 September (2 hari setelah sosialisasi di Smansa) diadakan tes beasiswa di SMA Taruna Nusantara. Dengan niat "asal nyoba mumpung gratis" aku dateng ke sana. Aku duduk di depan, memisahkan Catherine dengan kecengannya yang anak TN. Geli juga nih Catherine, kepincut sama anak TN, kebetulan juga pas tes kok hampir bersebelahan ma pincutannya (ceilah, bahasa mana neh). Mau aku suruh tukeran tempat duduk si Catherinenya ga mau. Jeez!

So, nomor tes aku B982480. Nah, kata panitia kalo depannya "B" disuruh ganti dengan "C", jadinya nomorku berubah deh --> C982480. Beberapa menit kemudian, tes dimulai. Seharusnya tes mulai jam dua sampe jam 5 molor jadi jam 3 sampe jam 6 sore. Gila, padahal aku rencana mau les GO jam 5! Karena aku ambil akuntansi, tesnya jadi ini nih: English, Business Math, Psychotest. Per mata tes diberi waktu satu jam. Oke, aku bahas apa yang aku kerjain:
  1. English: Soalnya menurutku normal aja. Mungkin karena udah setahun di Amrik jadinya biasa - biasa aja *minta digampar* Hahahahaha. Soal tipe TOEFL/TOEIC. Gampang sih kalo ngerjainnya main feeling kayak aku. Hahaha. 50 Soal selese kurang daari setengah jam. *Yeeey!*
  2. Business Math: Nah, matematika di sini bisa dibilang mudah. Sebenarnya ada 3 jenis tes matematika. Untuk yang ambil teknik bakal dapet Engineering Math, dan kalo yang ambil IT bakal berhadapan dengan Computing Math (kalo ga salah term ya. hahahaha). Jujur soalnya gampang banget menurutku. karena pas kelas 10 aku suka banget sama matik, dan soal banyak keluar dari sana. Plus dibolehnya menggunakan kalkulator itu membantu banget. 
  3. Psychotest: SUSAH BANGET! Soalnya pake bahasa inggris semua, dan itu jujur susah banget nget nget. Hahahaha.
Walau batas waktu sampe jam 6, aku selese ngerjain jam 5 kurang 5 menit. Pede, aku sama Catherine langsung ninggalin lembar jawaban dan langsung ngeloyor pergi sambil diliatin anak - anak satu ruangan. Hahahahaha. Terus habis itu aku langsung otw ke GO deh, soalnya pak pengajar bio udah nungguin :B

Hari Rabu tanggal 5 September pengumuman keluar. Aku buka web-nya President University dan login ke account B982480. Belum ada pengumumannya. Oke, ini sumpah engga banget. Masa belum keluar sih, padahal temen - temen yang lain udah pada keluar. Terus besoknya nyoba lagi dan ga bisa masuk. Lalua ku inget kalo nomer tesku berubah jadi C982480. Aku login pake account itu dan denied, katanya user is not found. Ah, emang keknya nasibku bukan ke President University.

Malemnya pada hari yang sama aku cek ke B982480 dan masih ga ada pengumuman. Penasaran, aku email panitianya. Ternyata bener, nomor tesku diganti ke nomer lain. Mungkin karena C982480 udah kepake orang lain jadinya hasil tes aku dimasukin ke nomor tes lainnya yang kosong. Nomor tesku jadi C999650. Aku akhirnya login dan nemu ini:


AKU LOLOS BEASISWA 1!

Oke, aku kaget banget. Padahal ya aku ngerjainnya banyak asal - asalannya juga. Kok bisa ya dapet beasiswa yang full? Ckckckckck.

Aku kepoin temen - temen yang ikutan tes beasiswa ini. Avi, Nana, Catherine, Tita, dapet 80%. Ada yang dapet dibawah itu, dan ada yang sama sekali ga dapet beasiswa. 

Oh, well, this is superbly awkward to say that I get this full scholarship. I'm not even done with high school yet! But I guess it's all because of Allah who always make my life easier. Although I'm not sure whether I'll take it or not, I'm hoping that this is the sign that actually I'm not that dumb after getting back from America. But well, my parents think that it will be such a waste kalo nggak daftar ulang-in beasiswa ini. Hahahaha.

Sincerely galau,

Doni Achsan


You Might Also Like

16 comments

  1. kak doni, apa kabar ?
    aku baca post kakak yang ini kok rasanya bangga dan terharu yaa kak ? haha :') kakak hebat banget kak, salut.
    sukses terus yaaa kak ! semua yang terbaik untuk kakak, dan semoga galaunya cepet ilang hehe

    ganbatte !

    salam dari Arizona

    ReplyDelete
  2. Makasih Lica. Kamu juga iya, buktiin kalo kamu bisa berprestasi di Arizone. Semangat terus ya, tenang aja aku galaunya gak lama - lama. Muahahahahhahaha :D

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Hai kamu jadi ambil ini? :D emang tesnya free ya?

    ReplyDelete
  5. Udah aku daftar ulangin, cuma belum pasti aku masukin krn ngejar prn. Iya, free kok :)

    ReplyDelete
  6. Halo ka Doni, salam kenal, saya Farah, alumnus AFS Italy 2012-2013 di Balikpapan (fresh baru pulang, tapi udah pusing mikirin kuliah)

    Saya ga sengaja liat posting an ini berhubung lagi cari tau gimana contoh soal buat tes beasiswa UP, yang insyaallah bakal di laksanain hari minggu ini. Mau nanya-nanya nih ka, math business nya, soalnya gimana ya?

    Thanks!

    ReplyDelete
  7. aduh, maaf baru buka blog. kayaknya udah tekat banget ya buat ngejawabnya? dua minggu ini kakak sibuk ospek jurusan dll yang bikin ga sempet buka email dan blog

    untuk tes, materinya seputar matematika dasar. pelajari aja semua dari kelas 1 (dasar2nya aja) karena setipa materi muncul soalnya (waktu itu di sekolah belum tau matriks, jadinya kakak ga bisa ngerjain matriks hehehe). tapi sebenarnya mudah semua lho :-)

    soal bahasa inggris seharusnya mudah kalo kamu baru aja pulang. hehe

    soal psikotes ini yang susah. kakak sendiri udah lupa bentuknya. yang pasti make bahasa inggris yang vocabnya dewa banget

    well, goodluck! :D

    ReplyDelete
  8. mau dong dikasih gambaran tentang soal-soalnya terus kalo dibandingkan itu soal mtknya kaya soal apa ya? dari segi level, dan itungan-itungan yang keluarnya? thanks before :D

    ReplyDelete
  9. nice post ;) semoga hari minggu besok aku bisa lancar ngerjain testnya, aamiin yaallah :') and i believe i can do it :D tunggu aku di presuniv kak xD

    ReplyDelete
  10. Jadi kakak skarang kuliah di PU yaa ? Ada gak syarat* krn dapat beasiswa itu ?

    ReplyDelete
  11. Kak, aku mau tanya dong. Aku juga ada tes di PU, trus waktu mau login gak bisa katanya. Kalau mau email ke PU, emailnya apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal ya..
      Saya juga mau ikut tes di PU. Kita bisa berkenalan. Add ID line aku Agusmaulanaid

      Delete
  12. ini kalo mau ikut tes PU harus sampek smt 5 dulu ya ? soalnya persyratannya ada fotokopi rapot sampe semester akhir

    ReplyDelete
  13. iya kan buat yang tahun ajaran ini duduk di kelas 3,aku daftar gratis kok.

    ReplyDelete
  14. Kak, mau tanya,beasiswanya harus diambil atau gapapa kalo gak diambil?

    ReplyDelete
  15. Hi kak, mau nanya2 soal test beasiswa PU boleh nggak? Besok kebetulan saya mau ikut testnya nih kak, nah saya mau nanya kalo matematika yang buat ambil jurusan akuntansi kan matematika bisnis ya, nah saya mau tanya kalo soalnya itu pake bahasa indonesia atau bahasa inggris ya kak? Terima kasih sebelumnya, dituggu balasannya

    ReplyDelete

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN